Empat Agustus

by - August 10, 2007

Kemaren lusa, pas gw lagi asik-asik baca komik, tiba2 kakak gw, mb mona, ketawa gara2 sebuah artikel di majalah gatra.. Gw otomatis penasaran dan ngelirik ke arah artikel yang lagi dibaca mb mona itu, gw g inget jelas artikel itu isinya apa, pokonya nama prtama yg ketangkep m mata gw adalah Barack Obama.. Gw dengan polosnya nanya ke mb mona,
" Barack Obama siapa sih?"
Mbak Mona bukannya menjawab malah mandang dengan tatapan yg kira-kira artinya, "Kemane aje lu.. Barack Obama aj gtw.. Payah!" Gw yg mang gtw, akhirnya mencoba membaca dari kejauhan artikel itu (karena majalahnya masih dipegang m kakak gw).
" Ooo...Senator Amerika y?? " komentar gw.
Mb Mona tetep diem, g jawab apa2..Gw jelas aja sebel banget dikacangin, y gw sikut aj dy dg penuh dendam.. Gondok kl nanya malah didiemin gitu kn??
"Aaahhhh..Adek...Suka nyebelin deh kayak Ibu!" teriak Mb Mona bis tu pergi.
Sebenernya bukan percakapan itu c yang pengen gw angkat karena sebenerya sejak itu gw jadi penasaran banget sama si mas Barack ini.. Namanya kok lucu, g american bgt.. Akhirnya gw googling, nyari-nyari info tentang dy..
Ternyata dia nominator buat pemilihan presiden US taun 2008, perwakilan dari partai demokrat. Dia lahir dari seorang pria kulit hitam yang berasal dari Kenya, dan ibunya wanita kulit putih yang berasal dari Kansas. Panjang cerita, kedua orangtuanya ini bercerai, dan tak lama kemudian, menikahlah ibunya Barack dengan mahasiswa asing dari Indonesia.
Barack pernah mengikuti ayah tiri dan ibunya tinggal selama 4 tahun di Indonesia. Namun kembali lagi ke US. Dan panjang ceritanya lagi, sampai dia terpilih jadi kandidat presiden US.
Sebenernya yang bikin gw kaget pertama kali pas baca info tentang dy adalah tanggal ulang tahunnya sama kayak gw!! Empat agustus, cuma yaa...Beda taun dikit, dia kelahiran taun '61 , gw '88. Otomatis dalam hati, gw ngerasa kl gw jadi american, gw pasti milih dia.. Yahh..Banggalah dengan sesama 4 Agustus member..
Dan tiba2 gw inget, Gus Dur juga lahirnya 4 Agustus, waduh-waduh..Jangan2 gw juga ditakdirin jadi presiden jg??
Di lain sisi, gw memandang diri gw sendiri, yg belum berkontribusi apa-apa pada dunia ini, tidak ada apa-apanya.. Malu aja ma pendahulu-pendahulu gw ini, yang lahirnya sama tanggal, tp.. Kl nyari di google tentang mrk, lengkap banget segala info tentang mereka.. Sedangkan, gw.. Bukan ap-ap..
Dan juga, gw menyadari kalau rasa penasaran gw pd dunia, kesenangan gw membaca info-info terbaru di luar sana, dan keinginan gw untuk tetap uptodate mengenai kabar-kabar terbaru, sudah terkikis sekali..
Gw inget kl, pas smp, gw suka banget baca gatra, dan pas di IC kadang2 bapak bawain dr Bandung bukan cuma makanan tapi majalah-majalah gatra terbaru..
Gw jadi sedih.. Bacaan gw yg sekarang g berkisar dari komik m novel, tontonan gw dorama m miniseries..
Gw jadi g peduli pada kehidupan sekitar..
Sedih..
Tapi, hari ini gw bertekad!! Mw rajin baca!! Komik m novel boleh, tapi berita g boleh ketinggalan!! Dan gw harus mulai perhatian dan tanggap dengan keadaan sekitar dan dunia ini. Deal?? Deal!!

You May Also Like

2 comments

  1. Santai dek, Barrack Obama kan beda 27 tahun ama adek...
    Hehehe...
    Adek emang nyebelin kayak ibu kadang-kadang.. [piss bu!!]

    Makanya, jangan suka maksa kalo mau minta didonlodin dorama..
    Tiap hari pertanyaannya selalu,
    "Mbak, ngopi gak?"
    Apa gakda pertanyaan lain kek. Misal, "Mbak, mau dibikinin mie gak?"
    Itu kan juga pertanyaan yang bagus..
    Hahaha...

    ReplyDelete
  2. berdoa aja deh semoga jadi obimi (kan cewek:D)...sori sori bercanda..semoga jadi orang besar lah..

    ReplyDelete