Lubang Jarum

by - October 14, 2010


Lubang Jarum - Pinhole

Yap, itu salah satu stand yang gw ma sodara gw kunjungin pas Pasar Seni ITB tanggal 10.10.10. Kesan pertama dan yang paling gw inget dari momen pasar seni ini adalah: panaasss dan penuhhh banget kampus itu, hueee.. Wah, pokoknya kalo bahas panas dan penuhnya ITB saat itu, gak bakal beres-beres dah, udah banyak deh dibahas di Twitter atau blog-blog lain.

Panas..Panas..Panas..Panas badan ini..

Tapi, dari sekian banyak stand yang gw kunjungin, Pinhole ini stand yang paling menarik, thanks to sepupu gw, Fika, yang udah nyeret-nyeret gw ke stand ini dan mengenalkan Pinhole.

Oke, jadi di Pinhole ini, kita bisa bikin foto pake kamera yang terbuat dari kardus, kotak, bambu, atau apapun barangnya. Rahasianya adalah tiap "kamera" itu dilubangin pas di tengah2, kecil aja, diameternya cuma sepersepuluh lubang hidung.


Ini kamera yang gw pake buat moto. Gw milihnya yang paling standar bentuknya.. Kamera lain ada yang pake kaleng, bambu, kotak berbentuk tangga, macem-macem deh..

Nah, di kamera yang udah kita pilih itu, dimasukin kertas foto, nah pas masukin kertas foto ini, kertasnya itu gak boleh kena sinar matahari sama sekali. Jadi udah kayak mau masang roll foto di kamera jaman jadul. Kertas foto-nya ini dipasangin ma mas2 dari Pinhole-nya, dimasukinnya dalam kain hitam gitu deh. Selama proses pemasangan sampai foto mau diambil, lubang di kamera harus tertutup rapat.

Lalu, untuk pengambilan gambarnya sendiri, setelah kertas foto terpasang, dan kamera sudah tertutup rapat, kamera diletakkan di tempat yang datar dengan lubang menghadap depan objek yang mau difoto. Terus, buka penutup lubang selama 30 detik, terus tutup lagi. Agak susah juga sih bagian ini, harus pake feeling. Harus hati-hati juga, jangan sampai ada bagian dari kamera itu yang terbuka, nanti fotonya bisa kebakar.

Udah beres ambil foto, waktunya masuk kamar gelap! Nah lho, heran kan, pas pasar seni, mana ada kamar gelap begituan? So, pas pasar seni kemarin, si mas2 pinhole nya, bikin kamar gelap kecil gitu, pake tiang 4 biji dari tripod kamera, terus ditutupin kain hitam deh, trs dipasang lampu merah di dalam.

Di kamar gelap ini, bakal ada 3 baki, masing2 ada airnya. Gw kurang ngerti ini airnya apa aja, cuma sempet nangkep salah satunya pake air cuka, CMIIW aja deh. So, pertama kita masuk ke kamar gelap. Lalu:
- Masukkan kertas foto ke baki pertama, digoyang-goyang sampai gambarnya muncul, gak usah terlalu lama.
- Pindahkan kertas foto ke baki kedua, dibolak-balik secukupnya, kemudian..
- Rendam kertas foto di baki ketiga selama 50 detik..

Voila, jadi deh fotonya!
Hasil foto gw, yah kurang artistik, yang penting pengalamannya, hehehehe

Jadi foto yang dihasilin itu versi negatif + mirror dari versi asli objek yang difoto. So, buat liat aslinya, coba foto tapi di-setting pake Negative, dan hasilnya di flip Horizontal. Inilah objek aslinya!!


Gak jelas yang difoto apaan pohon apa jalan, hahahaha (Udah di-negative-in + di-flip horizontal)

Bagi yang tau kampus ITB, coba tebakk.. Dimana hayo iniii??

Nah, kalo mau nyobain foto ala Pinhole ini cuma perlu bayar 5ribu, udah bisa moto sendiri, nyuci kertas foto sendiri, ma dapet hasil fotonya.

Yang menurut gw bagus dari Pinhole itu bisa dijadikan ajang edukasi ke anak kecil cara kerja kamera itu seperti apa. Jadi ternyata orang jaman dulu motonya itu, ya kayak gini ini, basicnya itu ya ala Pinhole itu. Makanya kalo liat orang moto di film jadul, ribet, harus pake kain hitam dkk, harus cuci foto dkk.

In the end, hasil foto pake Pinhole ini akhirnya ga pasang di meja kamar. Jadi kenang-kenangan deh dari Pasar Seni ITB 2010, selain foto-foto lainnya :)




You May Also Like

1 comments

  1. owh.. ternyata simple banget ya cara kerja kamera2 tsb.. saya jadi berikir andaikan di dunia ini tidak pernah ada perkembangan teknologi yang secepat seperti sekarang, mungkin untuk mengambil gambar/foto2 ga perlu ngeluarin jutaan rupiah buat beli kamera... hhmhmmm...

    ReplyDelete