Perusahaan Pembersih Selokan

by - September 01, 2010

Betapa "indah"nya... (gambar dari sini)

Selokan.. Oh Selokan.. Got Oh Got..
Betapa oh betapa kotornya dirimu..

Yap, kalimat itu sering banget berputar-putar di kepala gw. Ngeliat selokan di Kota Bandung yang kotornya, huekk.. Nggak banget deh.. Kotor, hitam, penuh sampah, airnya menggenang, tingginya cuma 5 cm di bawah permukaan jalan, huekk..

Dan gw bahkan gak hanya ngelihat doang. Lebih tepatnya, pernah mencicipinya secara langsung, pas jatuh ke selokan besar (lebarnya 1 meter, dalemnya 50cm) di daerah cisitu 3 tahun yang lalu.. Yap, mending kalo yang masuk kaki doang, gw malah jatuh sebadan-badannya, hiks..

Sampah? Tentu saja nempel dimana-mana!
Kotor? Huee, harus ditanya?
Bau? Uhh, mandi berkali-kali masih kerasa baunya..

Untung aja jatuhnya malam-malam, jadi gw ga ngelihat segimana kotornya selokan itu, dan gw juga gak pernah mau lewat daerah itu lagi.

Oke, intinya sih, sedemikian dendamnya gw ama selokan sampai gemes gw, kenapa sih gak ada yang mau bersihin tuh selokan-selokan? Kadang selain isinya sampah, selokan2 itu juga suka mampet, gara-gara kejatuhan pohon, bangunan (trotoar, dkk), atau ketutup, gara-gara ada pembangunan jalan.

Dan disini gw berpikir, daripada nungguin diurusin ama pemerintah yang udah banyak urusan itu, gimana kalau ada perusahaan layanan pembersihan selokan, yang melayani jasa dalam:
  • mengangkut sampah-sampah dari dalam selokan
  • memperdalam atau memperluas selokan
  • membersihkan dan memasang jaring di selokan
  • memperbaiki got/selokan
  • membuka saluran kecil buat air di jalan (yang suka mampet-mampet itu loh, atau yang lubangnya kecil-kecil)
  • membudidayakan selokan (pernah liat selokan yang dijadiin tempat melihara ikan. boleh juga kan tuh *gw liatnya di Setiabudi Jakarta malah)
Hmm, apalagi ya, belum kepikiran lagi. Yang pasti berhubungan dengan selokan. Perusahaannya tentu saja bersifat profit dan perlu mempekerjakan tenaga ahli dan lapangan.

Gw sih pernah liat tayangan di National Geographic, tentang saluran air di bawah Paris, yang udah dedengkot banget. Nah, salurannya itu selain buat saluran air, dipergunakan juga buat masang jaringan telekomunikasi di Paris, dan ada perusahaan yang khusus buat masang tuh wi-fi dan bersih-bersih selokannya. *yah kira-kira sih gitu yang gw tangkep dari tayangannya NatGeo, udah agak lupa, hehehe..

Kalo feasible buat selokan di Indonesia, oke juga kan tuh idenya? Tapi, kalo buat masang jaringan gt sih, kurang tau jg gw, saluran air bawah tanahnya Indonesia kayak gimana. Dan.. Gw pikir kayaknya seru juga kalo beneran ada ini perusahaannya, jadi pengen bikin.

So dari selokan kayak gini:
Gambarnya dari sini

Jadi kayak giniii:
Gambarnya dari sini

Kalau selokan bersih:
  • Kebersihan terjaga
  • Gak jadi tempat bersarangnya nyamuk dan binatang-binatang lain
  • Gak muntah selokannya kalau hujan
  • Enak dipandang, apalagi kalau ditambahin tanaman di samping-sampingnya
  • Tidak bau lagiii!!
  • Bisa buat jaringan telepon, internet, dkk
  • Bisa buat tempat ngaca, hehehehe
  • Dan kalau gw jatuh ke selokan lagi, malah seneng gw. Bisa berenang bareng ikan-ikan, hahahaha
Baru nemu artikel lain, di skotland, selokan juga dimanfaatin buat bikin jaringan internet, beritanya disini.


You May Also Like

5 comments

  1. gimana caranya lo nyemplung ke gooot?
    dasar kikuk! hahaa

    ReplyDelete
  2. pasti lu cuma sakit hati karena pernah kecebur itu kan? :p

    ReplyDelete
  3. Ini sebabnya semalam elu nanyain soal katakomba Paris. Gubraks. TA udah beres makanya nge-blog kembali?

    Hehe.

    ReplyDelete
  4. Bagus tidaknya pengelolaan selokan dari sampah2 berpangkal pada kesadaran manusia itu sendiri...

    Jika kesadaran dalam membuang sampah secara benar sudah tertanam dalam benak setiap orang, mungkin efek dari selokan2 mampet yang bisa beresiko memicu banjir dimana-mana pun bisa dihindari...

    ReplyDelete
  5. Lagi nyari jasa pembersih got malah nyampek ke sini. Nice writing btw.

    ReplyDelete