Perlengkapan Musim Gugur di Korea Selatan

by - November 20, 2013

Dingin gan
Alkisah, berhubung baru saja 2 minggu lalu gw melanglang buana ke Korea Selatan, dan ternyata banyak teman kantor yang mau pergi kesana juga akhir bulan ini dan pada nanya harus bawa apa aja sih kesana kalau pas musim semi. 
So, gw rangkum aja deh disini apa aja sih perlengkapannya, tapi dengan asumsi perjalanannya cuma seminggu saja yaa.. (Daftar perlengkapannya juga hasil nanya beberapa teman yang lagi studi di korea dan luar negeri, pakaian dan yg lagi nge-hip apa aja, hehe)

To bring list:
  1. Coat (1 saja cukup, kalau ada ganti juga oke). Dianjurkan yang dalamnya bulu angsa (lebih hangat dari dakron dan bahannya ringan juga). 
  2. Long John. Mirip manset, tapi kain bagian dalamnya bahannya berbulu (seperti sweater gitu. Jadi ini buat baju lapisan pertama, biar hangat. For boys and girls yaa.
  3. Sarung tangan. 1-2 buah sudah cukup. Bahan kulit lebih oke, karena lebih tahan angin daripada yang wol biasa.
  4. Sepatu. Pakai yang nyaman dan empuk, karena jalannya bakal buanyaakkk banget, ga kayak kalau di Jakarta (dikit-dikit berhenti dan cari ruangan AC atau panggil tukang ojek). Utamakan yang tertutup, dan jangan pakai sepatu futsal/lari/katak dkk
  5. Cardigan atau Sweater. Lumayan buat menghangatkan.
  6. Celana. Mending pakai celana kain aja sebenarnya, karena kalau celana jeans itu nyerap dingin (pas gw kesana, udah dibilangin ma temen tentang ini. Tapi gw ga ngerti nyerap dingin itu gimana. Jadi tetep nyoba pakai jeans disana. Weksss... Ternyata, jeans itu beneran menyimpan dingin gitu, so dingin setiap saat, jatuhnya lebih dingin daripada kalau pakai celana kain). Bisa juga sih kalau mau pakai celana jeans, tapi dilapis longjohn dalamnya (kalau muat yaaa hahaha)
  7. Kaos kaki tebal. Ga harus yang wol, tapi yang tebal aja, biar lebih hangat.
  8. Syal atau pashmina. Biar leher hangat. Maklum kita kan makhluk khatulistiwa kena angin dikit, langsung masuk angin atau kedinginan.
  9. Payung! Yang tahan angin ya. Anginnya lumayan kenceng disana. 
  10. Body Lotion (cowok juga pakai yaa). Karena disana udaranya kering banget, jadinya kulit ikutan kering. Kalau gak dikasih lotion, bisa merah dan gatel-gatel. Bisa aja sih kalau ga pakai lotion, ya ga usah mandi hoho. Tapi ga afdol kan, kalau udah jalan seharian dan gak mandi. Bawa lotionnya yang bagus ya, untuk kulit kering.
  11. Vaseline Petroleum Jelly. Buat pelembab bibir. Berlaku untuk pria dan wanita juga. Biar bibirnya gak kering dan gak pecah-pecah. Soalnya bisa sampai berdarah kalau terlalu kering.
  12. Pelembab muka. Biar mukanya ga kering juga. Kalau kering, bisa keriput gitu deh kulitnya dan kelihatan lebih tua.
  13. Couterpain atau koyo, buat ngehilangin pegel hahahaha
Where to buy the equipment:
  1. Twig House (ada tokonya di Jakarta dan di Bandung, googling aja hehe)
  2. ITC Kuningan (ada beberapa counter jualan perlengkapan musim dingin. Salah satunya ada di lantai 2, dekat BCA)
  3. Sarinah (di lantai paling atas)
  4. Mangga Dua (yang ini belum pernah gw coba)
  5. Senin (sekenan tapi bisa dapat yang murah disini)

Tips n Trik
  1. Buat kombinasi pakaian:
    • Atasan: longjohn + kaos + coat. Atau... kaos + cardingan + coat
    • Bawahan: long john + celana sudah cukup. Kadang malah ga usah pakai long john masih hangat kok
    • Syal / pashmina dikombinasikan sesuai ma baju
  2. Sebelum keluar dari ruangan (ke outdoor), udah dipakai dulu coat dkk nya. Soalnya kalau belum dipakai, dan baru dipakai di luar, lebih lama waktu yang dibutuhin buat menghangatkan tubuh.
  3. Cek prakiraan cuaca pada saat perjalanan, suhunya berapa dan bakal hujan atau engga. Ada kok aplikasinya di Android dan lumayan akurat.In case, kira-kira bakal hujan lebat, bawa kaos kaki ganti juga di tas. 
  4. Kalau ke Seoul, download aplikasi:
    • Subway. Membantu banget buat nyari rute subway train disana
    • Korean Lite. Isinya percakapan ringan sehari-hari in Korean dan ada audio nya juga
  5. Aplikasi lainnya:
    • Qiblat. Buat cek arah kiblat
    • Line. Buat telpon-telponan.
  6. Untuk tas, ransel is recommended, biar punggungnya gak pegal (kalau gw, tetep ngotot, pake tas tenteng, biar tetep kece, tapi ya jadinya pegel banget)
  7. Per teleponan atau paket data. Untuk di korsel, ada beberapa alternatif:
    • Sewa mobile phone + paket data. Diambilnya di bandara Incheon dan dibalikin sebelum pulang. Kira-kira harga sewanya Rp 500rb per minggu 
    • Beli Pra bayar sim card. Not recommended, karena beli sim cardnya sendiri bisa Rp 300rb (provider olleh). Belum sama top up dkk dan belum aktif juga paket data
    • Sewa wireless router. Semacam portable wifi gitu, bisa buat 5 devices. Recommended, kalau lu cuma butuh koneksi internet saat-saat tertentu saja dan jika pergi bergerombolan (provider: olleh)
    • Roaming. Nyalain mobile data, pakai SIM Card dari nusantara. Charge nya beda-beda sesuai dengan provider. Rata-rata Rp 50rb/hari.Gw sih kemarin pakai roaming, soalnya ma kakak beda hotel, so harus ON paket datanya, biar bisa saling ngehubungin. Dan ada provider yang hari pertama gratis roaming, hehe. Minusnya kalau pakai roaming, lemote minta ampun deh.
    • Mengandalkan wifi gratis :) Cari aja wifi di kafe-kafe terdekat. Dan jangan lupa cek di hotel wifi nya gratis atau tidak, karena ada beberapa hotel yang mengenakan charge. Gw sih ekmarin nyoba konek di subway dan bus, ga berhasil dapat wifi gratis, hiks
Have Fun!


You May Also Like

12 comments

  1. Hahaha Nailaaaa kok lo tetep pake jeaannss.
    Nai, to bring list nya bisa ditambah tolak angin Naai. Orang pintar minum tolak angin hehehe.

    ReplyDelete
  2. Nurrr, makasih lhoo kemarin-kemarin udah mau gw ganggu n gw tanya-tanyaa.. Hehehe, gimana dunk, celana gw jeans semua soalnya hahahaha..

    Btw, gw ga pinter dunkkk.. Gw ga bawa tolak angin soalnya.. Hikss..

    ReplyDelete
  3. ehem.. fotonya keren banget.. sapa yang moto, dek?

    -__-"

    ReplyDelete
  4. Nailaaaaa..I found you hohoho..ini ngebantu bgt infonyee, tengkyu loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ankeee, mau ke Korsel jugaaa? Have fun thereee!

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Sorry mau tanya kalau mau sewa wireless router gitu dimana sewa nya ya? Dan pakai wifi itu bs di semua area korea or gimana? Thx dan tolong dibalas ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Culia, biasanya diambil di airport dan berlaku seluruh Korea. Lebih lengkapnya sudah pernah ada yang mengulas di tulisan berikut: http://koreafreeandeasy.blogspot.tw/2015/07/korea-travel-tips-how-to-rent-wifi-egg-in-korea.html

      Semoga membantu! :)

      Delete
  7. Kak mau tanya nih kalau misal pake kartu khusus internet dari indonesia di pake sana bisa ngga sih? Makasih kak(: tolong dibalas ya(:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Annekn, tergantung kamu pakai provider apa. Biasanya tiap provider sudah ada paketnya masing-masing untuk di luar negeri. Waktu itu saya pakai XL, karena lagi ada promo, tapi kurang tahu kalau sekarang.

      Delete
  8. Lengkapnyaa...mkasi infonya kak sangat membantu 😊

    ReplyDelete