Jalan-jalan ke Jogjakarta

by - May 05, 2016


Jadi ceritanya jatah cuti kantor gw tahun lalu masih ada sisa 3 dan bisa dipakai maksimal sampai akhir Maret tahun ini. Saking udah gatalnya pengen jalan-jalan, akhirnya gw beli tiket PP Jakarta-Jogja buat 4 hari di akhir Maret 2016 sekalian ngehabisin jatah cuti.

Nah asalnya gw pengen pergi sendiri, sambil semedi ngerjain tesis.. Makanya, setelah beli tiket pesawat, gw langsung pesan penginapan lewat airbnb.com. Tapi niat tinggal niat, pas ngasih tahu ke teman-teman kalau gw udah beli tiket pesawat, yang lain juga jadi ikut pergi pada tanggal yang sama.

So, perjalanan semedi ini, malah berubah jadi ngetrip, bareng Bunz (nama aslinya Irvan), Xora (ini nama beneran), dan Niki (kalau ini nama pada umumnya). Dan malah gw tinggal duduk manis jalan-jalan ngikutin itinerary yang udah dibuat oleh Bunz, hihihi.  Makasih ya Bunzzz..

So, di Jogja bisa kemana aja? Ini dia listnya..

Jalan-jalan Dalam Kota Jogja
De Mata Museum.
Di museum yang berlokasi di XT Square XT SQUARE Jl. Veteran Pandeyan Jogja ini, kita bisa foto-foto dengan latar yang macam-macam jadi nampak nyata. Hmmm, yaa ga segitu nyatanya sih.
Yak posenya norak banget ya, hahahaha

Manjat gunung tapi gak sampai-sampai ke puncak

Taman Pelangi
Taman pelangi ini isinya penuh dengan lampion. Cantik sekali. Tapi feeling gw, kayaknya ini lampionnya sumbangan dari Korea deh. Soalnya mirip banget stylenya dengan lampion yang di Cheonggyecheon river di Seoul.

Lampion berbentuk Presiden-presiden RI di dalam Taman Lampion


Yang bikin gw curiga lagi kalau lampionnya sumbangan dari Korea yaitu kenapa ada lampion Gangnam Style ya? (ada Yoo Jaesuknya itu)


Terus ada lampion tulisan Korea besar-besar pula (heran)

Jalan Jalan Sekitar Jogja
Air Terjun Sri Gethuk
Air terjun ini terletak di Desa Wisata Bleberan, daerah Gunung Kidul. Untuk ke air terjun ini, naik rakit dulu dari daerah pemancingan, menyusuri Sungai Oya. Rakitnya besar kok, bukan ala-ala di film Cina gitu, hehehehe.

Kali Suci
Berhubung takutnya Goa Pindul ramai, akhirnya kami mencoba Cave Tubing di Kali Suci. Obyek wisata ini bisa ditempuh sekitar 1 – 1,5 jam dari Yogyakartake daerah Wonosari jika dengan mobil sendiri.


Berhubung datangnya di musim hujan, jadinya airnya cokelat gitu deh. Kalau pas musim kemarau, airnya hijau dan fotonya bisa lebih baguuss..

Pantai Kukup
Hanya 2 jam dari Kali Suci, ternyata tersembunyi pantai yang indah, di daerah selatan. Pas sampai sini, gw sampai bengong, ini lagi di Jogja apa Lombok ya. Pantainya miriiippp. Gak kalah bagus malah. Ombaknya kencang sih, tapi beneran segar banget rasanya lihat pemandangan sebagus itu.


Pantai Krakal
Hanya 15 menit dari Pantai Kukup, ternyata ada pantai lain lagi yang tidak kalah indah, yaitu Pantai Krakal. Di pantai itu terdapat beberapa Bukit untuk melihat pemandangan dari atas.
Dari atas suatu Bukit

Kali Biru
Kali biru ini tempat yang lagi eksis-eksisnya buat tempat foto. Kami baru sampai di tempat jam setengah 10 dan ternyata antrian sudah ditutup karena sudah mencapai 20an. Hari itu ditutup cepat karena ada jumatan. Jadi antrian baru dibuka lagi setelah Jumatan. Emmm.. Mending numpang foto di depannya aja deh. Hehehe.
Jadinya pose di depan pohon kayu saja

Harusnya sih seperti ini hihi

Lava Tour Merapi
Dengan menyewa jeep dari basecamp lava tour dekat Merapi, kita bisa merasakan jadi anak off road sesaat sambil menerjang lahar dan jalan-jalan bergejolak di sekitar Merapi. Waktu itu gw naiknya dari Toyota Land Cruiser Basecamp. Seru sih, apalagi pas lagi naik ke atas, terus kita semua pada berdiri di mobilnya. Hebohhh.

Jadi anak offroad sehari. Ada tambahan personil yaitu Yuris

Gak lupa foto ala Boyband depan Merapi (yang tertutup awan)


Transportasi
Untuk transportasi di Jogja, sebenarnya ada TransJogja. Tapi jumlah kami lumayan banyak, jadi kami milih rental atau pesan taksi lewat aplikasi Saytaxi. Kalau lagi jalan sendiri, bisa pesan ojek lewat Gojek.

Makanan
Untuk makan, kami pergi ke berbagai tempat, mulai dari Cafe Semesta, Tempo Gelato, House of Raminten, Jejamuran, Roemi, Legend Cafe, Narini Pizzaria, sampai ke Angkringan. Overall harga di Jogja jauh lebih murah dari Jakarta. Makan berenam (plus supir) dengan menu super lengkap di resto-resto saja paling hanya Rp 200rb.

Nyicipan Tempo Gelato di Prawirotaman

Restoran Jejamuran yang rasa jamurnya mirip banget ma rasa daging biasa

Penginapan
Untuk penginapan, bisa milih tinggal di:
  • Bed and Breakfast (BnB). BnBini konsepnya yaitu bagi pemilik rumah yang ada kamar kosong atau rumahnya memang tidak dipakai, bisa disewakan lewat airbnb.com.
 BnB yang gw tempatin, di daerah Minggiran



Udah kayak rumah biasa kann?
  • Homestay
Homestay yang Bunz, Niki, dan Xora tempatin (fotonya gak jelas banget dah hahaha)
  • Hotel-hotel Lucu di Prawirotaman
Hotel Greenhost di Prawirotaman (ga foto dalam kamarnya gimana)
 
Hotel Adhistana di Prawirotaman
  • Hotel Budget Tinggi, seperti Novotel dkk.
Lucunya kami semua menginap di tempat yang berbeda-beda. Jadinya bisa benchmark beberapa tempat. Kalau rekomendasi dari kami sih Hotel di Prawirotaman saja, harganya terjangkau dan tempatnya menarik.

Other Places
Selain tempat-tempat itu, sebenarnya masih ada beberapa tempat yang ingin kami kunjungi antara lain:
  • Museum Ullen Sentalu
  • Candi Ratu Boko
  • Sendratari Ramayana di Candi Prambanan
Tapi belum kesampean jadi kami simpan saja untuk trip selanjutnya.

Then.. Selamat jalan-jalan ke Jogja! :)

You May Also Like

1 comments

  1. banyak juga ya tempat-tempat yang bisa kita kunjungi di yogyakarta selain candi borobudur.

    ReplyDelete