Dunia itu begitu besaaaaaaaaarrrrr...!!!!

by - August 02, 2009

Jembatan itu beneran ada!!

Itulah rasa kaget gw ketika tahu, bahwa salah satu bagian yang ada dalam kitab Ramayana, beneran ada bentuk fisiknya.

Yah, ceritanya, dimulai dari 2 malam yang lalu, gw lagi geje browsing internet, kok kayaknya yang dibuka itu-itu aja. Dan tiba-tiba gw kepikiran novel yang baru gw baca “The Palace of Illusion” yang tokoh utamanya adalah Drupadi pada kisah Bharatayuda. Akhirnya browsing-browsinglah gw tentang Bharatayuda, Drupadi, Pandawa Lima, eh jadi keterusan baca, ternyata menarik.

Pas tadi malam, akhirnya gw memutuskan browing tentang Ramayana, gak kalah menarik juga ternyata, dan tiba-tiba dalam salah satu tulisannya menyebutkan, kalau jembatan yang dibuat oleh Rama dari Rameshwaram (di India) ke Lanka (Srilanka) buat nyelamatin Sita dari Rahwana, beneran ada!! Gak tau sih ini beneran yang dibuat Rama atau engga, cuma nih jembatan diduga menjadi bagian dari cerita tersebut.

Gak nangung-nanggung loh, jembatannya antara unjung India ke Srilanka gitu, bisa ketangkap dari satelit dan bisa dilihat dari udara, padahal umurnya udah 1.750.000 tahun atau hampir 2 juta tahun yang lalu (pembulatannya jauh juga, 250ribu tahun , hehehe)!! Bayangkan, dan katanya lagi, (masih katanya) itu buatan manusia!! Wooowwww... *Nah looo, manusia tua amat kalo gitu.

Jembatan ini biasa disebut Adam’s Bride atau Ram Setu. Kalau gambarnya, ini..


Gambar yang ditangkap oleh NASA (jembatannya yang dilingkari kuning)


Dilihat dari udara (pake helikopter)

Keren kan? Kalah dah tuh jembatan dari Inggris ke Prancis, Jawa ke Madura.

Jembatan dari 1,75 juta tahun yang lalu loh! Ckckckck, sugoi… Jadi tertarik mendalami kisah Ramayana lebih lanjut. Dan moga-moga suatu hari, bisa ke daerah dekat jembatan itu, wuah, bakal seru!!

Cuma, ternyata jembatan itu mulai terancam keberadaannya, akibat adanya Setu Samudram Project. Project untuk membuat kanal yang menghubungkan Teluk Palk dan Teluk Mennar melewati Rameshwaram Island. Jadinya kalau kanal ini udah jadi, kapal-kapal yang mau melintasi laut antara India dan Sri Lanka gak perlu lagi susah-susah memutari Sri Lanka dulu dan bakal menghemat 400 mil perjalanan sih, tapi konsekuensinya bakal memotong Ram Setu's Bridge itu.

Agak bingung juga sih nanggepinnya, emang bakal banyak banget keuntungannya kalau kanal itu dibangun, tapi dengan adanya kanal ini juga bisa merusak salah satu bukti keberadaan manusia yang sudah tua banget, bahkan lebih tua dari piramida atau tembok besar China. Dilemma kan tuh..

Namun, setelah baca ini-itu, gw juga jadi sadar, teknologi emang jagoan banget, ya contohnya tadi, kita jadi bisa lihat penampakan alam dari atas sana, tahu kalau ada keajaiban alam yang belum tertangkap mata selama ini.

Cuman, hal yang perlu ditekanin itu, kadang dengan teknologi kita gak harus melihat ke depan terus, tengoklah ke belakang sekali-kali, baca kisah-kisah pendahulu kita dan lihat dunia kita juga, yah, dari situ banyak pelajaran berharga yang bisa diambil dan… Kadang jadi lebih sadar diri ajah, kita ini cuma bagian kecil dari dunia, bagian yang kecil juga dari sejarah dunia.

Bumi itu besaaaaaaaarrr banget, huah bakal beratus-ratus tahun deh buat ngejelajahin daerahnya satu-satu.. Banyak banget keajaiban alam yang belum terungkap!

Jadi excited kan?

You May Also Like

4 comments

  1. bijaksana sekali ini saudari naila...

    emang tua luh nai...

    ReplyDelete
  2. Hmm ...

    Kenapa jembatan ini gak masuk Keajaiban Dunia yah? Apa krn dianggap bukan buatan manusia? Padahal gw rasa ini lebih ajaib daripada Borobudur.

    Nai, template blognya jelek, komentar orang mentok di bawah tumpang tindih ama gambar dan tulisan laen, gak bisa diganti?

    Hehe.

    ReplyDelete
  3. @ fahmi: gw seumuran gita gutawa kaliiiiiii...

    @ manda: iya nih, kayaknya jarang banget jembatan ini dibahas. Kalo gak sengaja kebaca, ga bakal tahu gw, padahalajaib banget emang..

    Hehehe.. iya nih template nya jelek, tapi lagi males ganti template..

    ReplyDelete
  4. uwaaah...oke abiss!!! wah wah... masuk list places to go nihh...


    mbak mbaaak...aku nge-tag mbak nelaaa...harap diambil yaah

    hohooo

    ReplyDelete