Jalan-jalan ke Jepang: Si Gaul Naila Hilang! [Part 1]

by - May 20, 2010


Dua bulan yang lalu gw sempat kabur selama seminggu dari kegiatan perkuliahan dan kegiatan lainnya di Indonesia, dan pergi menghilang.. Hee.. Hilang kemana gw? Huehehehe.. Si Gaul Naila menghilang ke Negeri Sakura..
Sakura.. Sakura...
Yumanampo misa papa
Samuna muna muna keke
Samuna muna keke..
Alkisah perjalanan ini dimulai dari tanggal 25 Maret-1 April 2010. Si Gaul Naila jalan-jalan ke Negeri Jepang dengan Ibunda tercinta. Berangkatnya tanggal 25 Maret jam 8 malam dari Cengkareng dan sampai di Kansai International Airport jam 9 pagi (berarti udah tanggal 26 Maret 2010).
Hari Pertama
Gw ma nyokap dijemput sama tur dari sana. Abis dari airport, kami langsung berangkat ke Kyoto. *Belum mandi, masih ngantuk*. Di Kyoto cuma numpang makan siang doang, ma yahhh... Ngintip-ngintip kota Kyoto sedikit. Habis makan siang, langsung ke Osaka..
Lebih tepatnya ke Osaka Castle. Kastil yang dibangun sama Toyotomi Hideyoshi (kalo baca "Taiko", pasti kenal banget ama abang yang satu ini). Yah, satu yang pasti, pas gw datang ke sana, Jepangnya masih dingiiiiiiiinnnn. Gw datengnya pas awal musim semi, tapi masih tersisa dinginnya musim dingin. Namanya juga penghuni negara tropis, langsung shock pas ngerasain dinginnya. Kulit berasa kering semua, jadi kayak nenek-nenek rasanya.
Sebenernya sih pas hari pertama ini, gw masih cengok. Eh ini gw udah di Jepang ya? Jepang yang satu itu? Beneran?!? Hahaha, udah kayak dalam mimpi. *norak*
Hari pertama di Jepang, Si Gaul Naila yang belum mandi bergaya di depan Osaka Castle
Dari Osaka Castle, berangkat lagi ke daerah Shinbaishi, eh Shinsaibashi, di tengah Kota Osaka, buat numpang makan malam. Oh ternyata, hotelnya deket dari situ, di daerah Namba. Pergilah kami ke Hotel dan huah, akhirnya mandi untuk pertama kalinya di Jepang, ihiiyyy..
Hari Kedua
Hari Kedua ini, gw misah dari nyokap gw jalan-jalannya. Jadi nyokap gw ada konferensi di Kyoto, nah gw jalan-jalan deh berdua ama Ossa. Ke Kyoto juga..
Jadi pagi-pagi berangkat dari Osaka ke Kyoto, lewat jalur Hankyu Railway naik train. *Pertamanya gw bingung apa bedanya train, subway, monorail. Hahaha, Norak.. Kalo subway, jelas kereta bawah tanah. Nah, kalo train ma monorail? Train yang relnya kayak kereta api biasa, monorail rel nya cuma satu.
Kesan gw tentang Kyoto, hmmm.. Mungkin kalo di Indonesia, Kyoto itu mirip kayak Solo atau Jogja gitu kali ya. Banyaakkkk banget bangunan tuanya, kuil, istana, kastel, dkk bertaburan. Wah, gw emang berjiwa muda (eh masih muda) tapi gw seneng banget ke tempat-tempat bangunan tua macam itu.. Oiya, Kyoto juga pernah jadi ibukota Jepang di jaman dulu kala.
Yang kocak adalah, pas gw di Jepang, cewek-cewek sono kayaknya santai-santai aja dingin-dingin kayak gitu tapi cuma pake legging ma rok mini (buat bawahannya). Gw sebagai perwakilan Indonesia tercinta, negara tropis tergaul, negara kepulauan terbesar di dunia, tentu saja gak mau kalah! Gw bertekad mengalahkan mereka semua. Mereka kemana-mana bisa pake legging, nah gw bertekad tidak akan memakaaaiiii... Kaus kaki, hahahahaha..
Hari pertama masih kuat gak pake, eh, hari kedua, malah kedinginan, terus dimarahin ma Ossa, katanya lemak di kaki tuh dikit, mending dipake ajah.. Dan akhirnya siGaul Naila pun gagal menjalankan tekadnya, hiks.. hiks.. Maafkan saya Ibunda Pertiwi..
Di depan Nijo Castle: Si Gaul Naila udah kayak Michael Jackson *make kaus kaki putih
Pemberhetian selama di Kyoto:
1. Kinkakuji Castle
Highlight: Istananya terbuat dari emas semua. *saingannya Monas
2. Nijo Castle
Highlight: Bekas Castle-nya Tokugawa Ieyasu. Disini ada lantai yang disebut Nightingale Floor, yang tiap diinjek ada bunyi kayak suara kucing kejepit gitu. Alkisah, cuma ninja-ninja super jagoan yang bisa ngelewatin lantai ini tanpa bikin dia bunyi. Fungsi lantai ini biar kalo ada orang nyusup ke istana langsung ketahuan dari bunyi lantainya.
3. Makan siang di Restoran Jepang (kayaknya lebih enak disebut warung)
Huehehe, seneng bisa makan di warung Jepang, berasa di dorama gw..
4. Kiyomizu Dera
Highlight: Kuilnya merah-merah orange gitu, enak buat tempat foto pre-wed, hahahaha..
Mau dunk difoto pre-wed kayak gini juga, hohoho

5. Gion Corner
Jalan kaki sejauh 2-3 km dari Kiyomizu dera ampe sini, lumayan, sempet ngeliat 2 orang maiko.
(Photographed by: Ossa) Maiko nya lagi ngobrol bareng ama abang tukang rickshaw, ciee...
Saking menariknya masing-masing tempat, kata-kata gw terlalu banyak buat ngejelasinnya. Silahkan googling atau datang sendiri kesana deh, huehehe..

Muter-muter Kyoto pake Bus

Oiya, pas balik dari Kyoto ke Osaka naik train. Gw ma Ossa disapa ama mas-mas ma mbak-mbak depan kita, bukan orang Jawa kok, tapi orang Jepang asli. Mereka penasaran kita orag Malaysia atau Indonesia. *waatt?? Bukannya muka gw Kaukasian banget yaaa??
In the end, kenalan lah kita ma mas-mas dan mbak-mbak itu, sebut aja mas Kuni ma mbak Waki. Akhirnya malam itu, gw makan malamnya sama mas Kuni dan mbak Waki. Abis makan, baru deh balik lagi ke hotel.
Hari Ketiga
Hari ketiga ini gw ma nyokap jalan-jalannya bareng tur. Agenda hari ini yaitu.. Pergi ke Nara. Di Nara ini, ada Todaiji Temple sama Nara Deer Park. Nah, Todaiji temple ini tuh kuil supertua. Patung Buddha di dalamnya udah dari tahun 600 atau 700an *lupa. Katanya, bagian atas si Buddha ini udah pernah kebakar, terus buat ngerekonstruksi bagian mukanya, ditelitilah semua patung Buddha di Jepang, buat nentuin muka yang pas buat si patung Buddha ini.
Inilah patungnya..

Terus, di sekitar kuil Todaiji ini, banyak rusa berkeliaran.
Si Gaul Naila asik gangguin Rusa Jepang. Rusa pun gak mau kalah, asik makan pashminanya si Gaul Naila
Balik dari Nara, kembali ke Osaka, gw ma nyokap gw jalan-jalan ke daerah perbelanjaan deket situ: Dotombori ma Shinsaibashi. Jam 10, toko-tokonya tutup, dan kami pun kembali ke hotel.
Tapi enaknya disana itu, dari Osaka ke Kyoto atau ke Kobe atau ke Nara, kalau naik mobil sekitar 2 jam, kalau pake train 1 jam. Jadinya bisa banyak kota yang dikunjungin dalam waktu singkat.
Ah, sampai sini dulu cerita perjalanan Si Gaul Naila di negeri Jepang, sisanya di Part 2.
*Btw, postingan ini cukup lama terabaikan. Makasih banget buat safir yang selalu ngingetin gw buat tetep nulis. Walau katanya foto gw jual senyum doang. (Huh, biarin, yang penting masih bisa senyum kece (kalo pas udah ompong kan jadi maluuuu...))

You May Also Like

0 comments