Ujung Dunia

by - July 19, 2010

Masih inget gak, kepercayaan orang di jaman dahulu kala, kalo bumi itu datar dan kotak.. Dimana kalo kita jalan teruuusss ampe ujung dunia, jedunngg.. Jatuh deh ke bawah, entah ke dunia mana, pokoknya = goodbye kehidupan...
Jika dunia itu datar

Ada juga yang bilang juga, kalo di ujung dunia itu ada monster-monster yang menunggu, yang kalo kita coba berani lewat situ, wahhh, bisa-bisa bakal dimakan ama monster-monster jahat, ditumpas, dibasmi, berani lewat = berani mempertaruhkan nyawa.

Ini ceritanya si monster.. Bukan, bukan Paul si Gurita! (Sebenarnya dalam bayangan gw monsternya yang kayak naga-naga gitu, berhubung nemu gambarnya ini yaaaa.. gak papa deh.. (gambarnya dari sini))


Nah, sekarang gw udah di tingkat akhir, tahun keempat, mahasiswa tinggal Tugas Akhir. Kemarin, baru aja gw ngeliat temen-temen gw yang wisudaan. Antara senang dan ketar-ketir. Bertanya-tanya kapan ya gw wisuda, (pake kebaya apa ya), ngapain ya habis wisuda?

Jadinya sekarang berasa semakin dekat sama ujung dunia ini. Dulu pas awal-awal masuk, sebagai mahasiswa tingkat awal nan lugu, ceria, manis, dan lucu, masih kayak para pelaut yang baru dilepas keluarganya dari pinggir pantai, penuh harapan, dunia cerah ceria, membawa sejuta mimpi, dan keinginan..

Tapi sekarang, 4 tahun kemudian... Udah ga tau arah kemana, gelap, gak tau apa yang harus dilakuin setelah lulus. Emang apa sih kemungkinan abis lulus, kita perkecil aja jadi 3 kemungkinan:

1. Cari kerja
2. Lanjut sekolah
3. Kawin
4. Bikin perusahaan sendiri *padahal tadi bilangnya 3 kemungkinan, hehehe

Yah simpelnya gitu lah.. Hmmm, misalnya udah lulus dan memutuskan nyari kerja, tetep aja berasa mau di ujung dunia. Gw akan bergabung dengan jutaan pengangguran lainnya di seantero Indonesia. Kita semua (baca: para pengangguran) bagai para pelaut yang harap-harap cemas, antara bakal ketemu si monster atau thanks God ternyata nemu daratan baru (dan nyadar kalo bumi itu bulat) alias keterima kerja. Nah, kalo gak keterima kerja, berasa jatuh ke dunia lain deh, gak ada pemasukan tapi pengeluaran jalan terus, huaaa..

Kalo lanjut sekolah, yahh, bisa sihhh, tapi pertama harus mikir dulu juga mau sekolah dimana, tetap tentang IF apa enggak, biaya dari mana, dkk.. *Kayaknya gak se-ujung dunia cari kerja, tapi kalo ada universitas yang gak mau nerima, tetep bagai para pelaut, harap2 cemas..

Kawin/nikah, wah gak tau ah ini mah.. Males berkomentar, hahahaha...

Buka perusahaan, hmmm (thinking)..

Yah, pokoknya tahun terakhir ini emang antara pesimis-pesimis-optimis atau optimis-optimis-meringis. Mulai dilemma, soalnya jalur yang dulu ditekankan (masuk sekolah bagus-kuliah di universitas negeri) hampir kelewati semuanya, tanpa persiapan apa yang harus dilakukan selanjutnya..

Masa perkuliahan udah mau habis, berarti masa jadi mahasiswa udah mau habis juga. Masa melakukan kesalahan tinggal sedikit lagi, harus lebih serius menghadapi segala sesuatu. Gak tau apakah masih ada toleransi di masa mendatang.

Hanya bisa berharap dan berusaha, kalau suatu saat tersadar bahwa bumi itu bulat.

You May Also Like

1 comments

  1. "masa melakukan kesalahan tinggal sedikit lagi"

    euh,, bener banget deh, hiks nggak enak banget deh...

    gimana klo backpacking around Indonesia dulu mbak? sebelum terjun ke dunia kerja? Itu sih rencanaku klo lulus ntar, cari kesempatan untuk jalan! mau nabung dari sekarang!

    ReplyDelete