Antara Bali, Jakarta, dan Tiga Wanita

by - August 04, 2011


Udah setengah tahun gw gak ngisi blog. Ngapain aja ya gw? Kok sok sibuk banget sampai ga pernah update blog? Padahal Pak Dahlan Iskan aja yang direktur PLN, dengan kegiatannya yang seabrek-abrek masih sempet-sempetnya bikin catatan atau tulisan (bisa dibaca melalui blog ini). Kenapa gw yang bukan siapa-siapa ini gak bisa rajin ya nulisnya?
Ngomong-ngomong tentang tulisannya Pak Dahlan Iskan, link blog tadi itu salah satu blog yang sering gw baca. Kenapa? Soalnya Pak Dahlan Iskan ini walau sedang menerangkan tentang PLN, listrik-listrikan, proyek-proyeknya PLN, dkk; yang notabene banyak yang ga ngerti dan gak ada bayangan seperti apa, bisa menjelaskannya dengan enak dan dengan bahasa yang mudah ditangkap. Jadi senang deh baca tulisannya.

Coba aja kalau semua orang pintar (bukan, bukan orang pintar kayak Ki Joko Bodo, tapi orang-orang yang expert di bidang masing-masing di negeri ini) bisa bikin tulisan kayak gitu. Lebih tepatnya, tulisan yang mudah dicerna oleh makhluk-makhluk awam seperti gw. Jangan pakai bahasa planet lain atau bahasa dari negeri langit ketujuh, ga mudeeenng. Biar kita jadi bisa ngerti kisah di balik layar atau sepak terjang dari setiap aksi si orang pintar tersebut.

Oiya, kembali ngebahas gw. Alkisah, sekarang gw udah jadi salah satu penghuni Ibukota negara kita tercinta yaitu Balikpapan. Eh salah, Jakarta maksudnya (ibukotanya kan belum pindah ke Kalimantan). Sejak 3 bulan yang lalu, gw sudah menjadi pekerja kantoran dengan pola hidup: bangun tidur-siap siap ngantor-berangkat-ngantor-pulang-tidur. Yah standar pekerja di Ibukota dah. Tapi sekarang gw ga lagi mau meratap ala pekerja Ibukota.

Hari ini gw mau ngebahas... Patung!
Yak betul, patung..
Kenapa patung?
Apa hubungannya patung ma bulan ramadhan? (gak kok, gw lagi ga bahas bulan ramadhan)
Apa hubungannya patung dengan Partai SRI? (gak, gak ada, kecuali kalau ada patung Sri Mulyani dipasang di taman menteng, baru deh ntar gw kait-kaitin)
Sebenarnya yang pengen gw tanya itu..
Pernah gak jalan-jalan di Balik, terus ngelihat Patung Garuda Wusnu Kencana?
Atau, pernah gak pergi ke daerah Thamrin di Jakarta, terus lihat patung Arjuna Wijaya?
Atauuu, datang ke Pasar Seni Bandung 2010, masuk lewat gerbang depan dan foto-foto bareng patung 3 Mojang?

Kalau pernah, tahukah kamu kalau semua patung itu merupakan hasil kreatifitas dari pematung negeri kita, yaitu I Nyoman Nuarta. Yak, gw juga asalnya gak tau kalau yang bikin semua patung itu ternyata orang yang sama. Tapi kok ngelihat gaya dari patung-patung itu mirip yak? *sok ngerti seni gini gw

Yang bikin lebih takjub lagi, beliau ternyata punya Gallery yang berisi hasil karyanya di Bandung. Gak jauh pula dari rumah gw, gallery-nya di daerah Setra Duta, Sarijadi.
Dan 3 minggu yang lalu, gw berkesempatan mengunjungi Gallery ini. Sayangnya, gak boleh foto-foto dalam Gallery. Gw juga gak bisa lihat patung-patung yang di luar gara-gara lagi hujan deras.

Pokoknya, lain kali gw harus datang pas lagi cerah-cerahnya, dengan waktu yang panjang, biar bisa nikmatin hasil karya Pak Nyoman sepuas-puasnya.

Isi Gallerynya bisa dilihat disini. Ada patung yang berbentuk macan, patung wanita baju merah, Patung Le Madame, Patung Jago Raja, macam-macam. Banyak banget dan maklum karena ingatan gw gak kuat, jadi sekarang aja gw udah ga inget liat patung apa aja di dalam sana saking banyaknya. Oiya, selain Gallery juga ada Sculpture Park, Craft Boutique, dan Café. Suasana tempatnya juga enak, mirip-mirip ma Galeri Sunaryo.
Salah satu patung dalam Gallery (aslinya lebih bagus kok, ini fotonya aja yang kurang yahud)

Trs kenapa tiba-tiba gw bahas tentang patung-patungnya I Nyoman Nuarta? Yah, jujur walau gw ga ngerti ma patung-patungan, tapi gw suka dengan patung-patung buatan I Nyoman Nuarta (biar gampang manggilnya Pak Nyoman aja deh). Gw senang unsur budaya dan sejarah yang ada di patung-patung itu.

Patung GWK tuh berwujud Dewa Wisnu yang sedang menunggangi garuda. Ukurannya super besar, namun sayangnya masih in progress. Kepala garudanya aja udah guedeeeeeee banget. Dan kalau patung ini selesai, bakal lebih besar dari Patung Liberty!
Bareng Bapak, Ibu, dan Kakak di depan Patung Wisnu


Rancangan GWK (gambar dapat dari sini)

Patung Arjuna Wijaya melambangkan salah satu babak dari Perang Bharatayudha, ketika Arjuna akan bertempur saudara tirinya, Karna, dengan menaiki kereta kuda yang kusirnya (bahasa kasar dari Sais kereta), Kresna. Patung kudanya ada yang berbentuk kuda, ada yang berbentuk bagai kuda hantu. Jadi kayak bayangan gitu bentuknya. Pengen deh sekali-kali foto disitu, tapi takut kegiles ma metromini dan busway yang lewat di sampingnya.
Patung Arjuna Wijaya. tapi arjunanya malah gak keliatan (gambar dari sini)

Kalau Patung 3 Mojang, awalnya dipasang di Kota Harapan Indah Bekas, tapi diturunkan karena adanya protes dari sejumlah ormas setempat. Akhirnya dibeli sama Gubernur Bali, tapi sempat dipajang dulu di Pasar Seni 2010.
Patung 3 Mojang dan Mojang beneran

Gw takjub ada orang Indonesia sejago itu matungnya. Dengan karyanya yang bisa jadi monument Ga sabar lihat GWK kalau udah jadi. Pengen juga lihat karya-karya Pak Nyoman yang lain. Jadi Pak Nyoman ini juga bikin patung buat Plaza Indonesia, buat real estate, hotel, dan lain-lainnya.
Tapi yang terpenting, Pak Nyoman, tetap semangat ya mengerjakan Patung GWK nya. Biar bisa jadi salah satu simbol baru Indonesia. Saya cuma bisa dukung dengan doa dan memberikan semangat saja. *Btw, itu beneran, cuma dikerjain sendirian doang patungnya? Gak gempor apa yah?

NB: Lain kali gw mau bahas Lawang Sewu dan Museum Ulan Sentanu. Itu udah jadi hutang ke diri sendiri sejak setengah tahun yang lalu, setelah mengunjungi Semarang dan Jogjakarta. Pengen ngeblog tentang itu. Moga-moga ga kena virus malas ngeblog lagi.
Oiya, bonus foto satu.
Kesannya Patung Wisnunya kecil, padahal diambil fotonya dari jauh biar kayak lagi berdampingan, hehe

You May Also Like

3 comments

  1. Kirain empat orang di depan patung Wisnu itu juga patung, keren banget, hehehe.

    ReplyDelete
  2. Gw tahu soal Nyoman Nuarte pas SMP ato SMA tuh yah? Gara2 guru seni rupa gw nyebut2 mulu dan pas pekan ulangan di soalnya ditanyain ttg patung2 beliau. :P Jadi deh tahu.

    Hayo, Nai, itu kudanya ada berapa patung Arjuna itu?

    Hehe.

    ReplyDelete
  3. Hai Nel...
    Lagi pengen menyapa teman2lama

    ReplyDelete