5 Tahun Menjadi Office Lady

by - February 06, 2016

Di saat orang lain menceritakan pengalamannya jadi pemilik Startup, atau perusahaan Ojek Online, atau sudah bikin eCommerce teranyar. Sekarang waktunya gw cerita tentang kisah gw, menjadi office lady alias karyawati selama 5 tahun. Hehehehe.. Yah walaupun nampak mediocre, namun.. Kayaknya lebih banyak orang yang seperti gw, yang kerjanya sudah bertahun-tahun di tempat yang sama. 

Dan lucunya jarang ada yang cerita tentang kisahnya jadi karyawan, padahal dari segi kuantitas, populasinya cukup banyak. Kalaupun ada, pas udah pindah kerja. So, gw akan membagikan pengalaman gw yang spektakuler ini. Dijamin kalau Anda baca, hidup Anda akan berubah selamanya. #emangnyabukumotivasi??

Alkisah, tanpa disadari sudah hampir 5 tahun gw kerja di kantor sekarang. Kalau dimisalkan pas gw masuk kerja itu seumur anak kelas 1 SMP, berarti sekarang anak itu udah kelas 2 SMA (eh sekarang masih pakai kelas SMP-SMPan atau udah pakai kelas 8, 9, 10 yaaa?). Kalau anak itu baru masuk kuliah S1, berarti sekarang sudah lulus dan lagi masa-masa cari kerja.. Huoo, berasa udah berumur.

Setelah 5 tahun ini, dengan deskripsi pekerjaan yanggg... Palugada hahaha (apa lu minta, gw ada). Dimana gw sekarang ada di unit kecil yang hampir setiap fungsi ada. Jadi kadang gw suka bantuin orang kantor, misal marketing, di kerjaan, padahal bukan ranah gw. Lumayan, buat nambah-nambah pengalaman lah.

Nah beberapa hasil review pada diri gw selama ini ternyata..

Gw ga jago teknik! (said someone who took undergraduate class in informatics, works in telco industry, and also currently takes telco management for her latest study)

Alhamdulillah, gw kalau dijelasin tentang TCP/IP,  koding-kodingan, atau konfigurasi dkk, selalu ngerti! Ngerti  konsepnya doang, hahahaha.. Dan itu pun kalau ada visualnya (digambarin dengan gambar yang lucu-lucu).. Dan juga kalau diulang-ulang terus.. Sementara, di dunia kerja gw yang dikuasai pria ini, entah napa kalau ngasih singkatan nama sistem suka ga manusiawi, seperti ZXYF, BWQD, HTGQ (ilustrasi doang sih, gw ngasal aja ntu nulisnya), kadang jadinya makin susah gw buat ngerti hahahaha.

But, like I said, kalau kulitnya doang masih ngerti.. Jadi paling nggak, gw coba mengerti secuplik-cuplik tentang segala sesuatu. Jadi gambaran besarnya tetap tahu. Komprehensif lah bahasa kerennya #kibasrambut(orang).

What am I good at is.. Administrasi (haha, sial). Secara gw orangnya rapih, jadi kalau ada yg minta file dari tahun jebot pun, dengan secepat kilat ketemu. Dan bahkan gw suka gatel kl liat folder2 di laptop org lain, yang berantakan banget. Bawaannya pengen gw rapih-rapihin.

Selain itu, kelebihan gw yaitu kepo (aka kepengan tahu). Kepo ini berguna untuk menjadi orang yang berpikiran komprehensif. Dan  membuat gw kalau ada hal yang gak gw ngerti, langsung nanya. Walau japri sih biasanya. Kalau di forum nanyanya, kurang kece aja, hahaha.

Kelebihan yang lain yaitu.. Nulis.. Ini sih bukan hasil review dari dunia kerja, tp dari dunia sekolah saat ini. Soalnya ada dosen yang kayaknya demen banget ma paper tulisan gw, hahaha (geer). Padahal pada intinya, karena gw ga suka kata-kata atau konsep-konsep yang ngejelimet. Kalau gw nulis, gw usahain paling nggak gw ngerti, dan orang lain juga ngerti. Makanya paper bikinan gw juga mudah dimengerti kali ya. Sementara kalau paper pada umumnya, kadang bahasanya tingkat tinggi, sehingga butuh translator gak cuma buat ngartiin dari segi bahasa, tapi juga ngejelasin ulang maksud si penulisnya itu apa dalam bahasa awam. 

Terus apa lagi yaa, bingung sendiri. Itu dulu tentang review diri.

Nah sebenarnya ada pertanyaan yang selalu gw ingat pas sekolah dulu yaitu.. Ilmu pas sekolah dan kuliah kepakai gak pas kerja? Gw jawab dengan jujurrrr.. Banyakan yang enggaaakkk.. Ahahahaahah.

Rumus-rumus kimia seperti:
H2O + C4H4 + Zn (rumus apaan iniii?)

Atau turunan dan diferensial pada matematika (nulisnya aja susah)

Atau rumus untuk menghitung berapa energi yang dibutuhkan untuk menimba ember air dari sumur, dengan katrol yang entah napa ada banyak banget dan ribet banget cara masangnya. (yang pasti sih jawaban pertanyaannya energi yang dibutuhkan sebanyak makanan pagi sampai sebelum terkuras gara-gara capek)
Selama ini belum pernah gw pakai dalam dunia kerja..

Mohon maaf Bapak Ibu Guru Dosen sekalian atas muridmu ini..

Sementara ilmu-ilmu yang gw rasa lebih bermanfaat itu malah seperti Geografi (walau udah ada Google Maps, tapi lumayan berguna kalau masih inget), Sejarah (secara gw emang suka), Bahasa-bahasa (bisa kepakai dikit lah kalau datang ke negaranya), Matematika (yah, + - * / helps  a lot), Komputer (kerja pakai apa cinnn), dan Agama (beuhh).

Tapi gw yakin untuk Fisika, Kimia dan Biologi.. Cukup sudah gw belajarnya dulu. 

*Ini kalau ada anak sekolahan bisa dijadikan modal buat bilang ke emak babehnya kali yaaa ("maahh, aku gak usah belajar lagiii, kata kakak ini gak kepakai lagi pas kerjaaa")

Tapiii.. (adek-adekkk sekalian) Yang sering lupa adalah, bagaimana kalau dulu gw gak belajar ilmu itu sama sekali? Apakah gw akan jadi gw yang sekarang? (Emang gw siapaa??) #tsah. Belajar aja cuman jadi begini, apalagi kalau gak belajar. Dan paling nggak, dengan belajar seabrek itu semua, nalarnya lebih jalan juga. Dan mungkin memudahkan juga jika ganti-ganti haluan atau catch up dengan hal-hal baru.
 
Kalau di gw sih efeknya paling gak, dengan belajar biologi, gw pastinya tahu kalau ada orang yg bilang otak di dengkul itu pasti tukang nipu, hahahaha.

*Eh kenapa gw malah ngelantur bahas pelajaran jaman dulu ya?

Oke kembali ke dunia kerja..

Hal yang susah dari kerjaan itu kadang bukan pekerjaannya, tapi lebih ke attitude ketika bekerja. Misal, di gw, butuh effort yang tinggi kalau mau selalu positif setiap saat, dan untuk tidak mengeluh. Selalu positif, apalagi jika di bawah tekanan itu, memang membutuhkan kebesaran hati yang besar (mengulang kata besar dua kali). Dan kadang gw rasa, kenapa senyum itu ibadah? Karena emang kalau lagi mumet, susah banget senyum (entah deh, itu kasusnya di gw aja atau orang lain juga). Terkadang suka susah ngontrol aja nih muka kalau lagi bete di kantor. Gonna need to learn from the master, Miss Lady Gaga, how to be a poker face.

Selain itu, kerja juga yang ditemuin bukan teman-teman sebaya lagi. Ada yang dari seumuran orang tua sampai yang masih junior-junior. Ada yang kalau mau ngajak ngomong bisa langsung terus terang, ada yang kadang kita harus berputar-putar dulu. Gw sih, selama ini, sayangnya, masih gak jago hahaha, untuk bersikap ala-ala politikus, yang diplomatis gitu. Cenderung straight forward apalagi kalau udah kenal dekat. Gak pintar basa-basi juga.

Tantangan lain kalau udah kerja, kadang gw diberi tanggung jawab yang gak mau gw tanggung, tapi mau gak mau harus bertanggungjawab. Jadi harus siap lah. What doesn't kill you makes you stronger.

Namun, setelah 5 tahun kerja, ternyata ada etika yangg selalu lupa gw lakuin hahahaha. Jadi kalau mau masuk ruangan rapat itu, peserta yang baru datang umumnya salaman dulu ma peserta yang udah datang duluan, sekalian memperkenalkan diri. Dan gw.. Setelah 5 tahun.. Kalau baru datang, walau udah ada yang lain, tetep suka nyelonong masuk, duduk dulu, baru halo sana sini, hahahaha..Taro tas ma laptop dulu yang penting, berat.. Hahahaha.

Dan terkadang ada kebiasaan di kantor yang kebawa keluar kantor. Yang gawat itu kebiasaan jabat tangan di kantor ma bapak-bapak ibu-ibu.. Jadinya kalau ketemu bude atau pakde, suka gak sengaja jabat tangan biasa doang, bukan salim.. Alah minta digaplok.
Anyway, itulah review singkat gw tentang menjadi pekerja (gitu doaannng?). Yang gw rasa, setelah 5 tahun ini, yaa masih banyak yg harus dipelajari. Hopefully, I will be better and better as the time goes by. Ciao!

You May Also Like

1 comments

  1. tolong dong mba rapihin folder2 saya di laptop sangat berantakan hahaha

    Download Film

    ReplyDelete