9 Things to Do in Jakarta

by - May 19, 2014

Kata siapa sih Jakarta isinya Mall doang? Yah gak salah sih, tapi ternyata ada banyak hal yang bisa dilakukan di kota Jakarta, selain pergi ke Mall doang. So akhirnya gw merekapitulasi hasil pemilu apa saja hal yang bisa dan wajib dilakukan di Jakarta.
So here's the list!
[Peringatan: Postingan ini berisi foto-foto dari koleksi pribadi. Kalau ada yang merasa terganggu dengan foto-foto yang terpasang, silahkan cao, dinikmati saja, atau ucap istighfar dalam hati.. Kehkehkeh]

1. Ngangkat Monas
Belum afdol namanya, kalau ke kota Jakarta, tapi gak pernah bergaya alay depan Monas. Beberapa gaya yang bisa dilakukan mulai dari ngangkat Monas, nyender di Monas, ngedorong Monas, atau sekalian nyium Monas. 

Gaya 1: Ngangkat Monas
Gaya 2: Ngedorong Monas
Gaya 3: Nyium Monas

2. Foto ala Kabinet Pemerintahan di depan Istana Merdeka
Pengen jadi Menteri sehari? Nah, salah satu tempat yang paling nge-hits buat foto seperti ini adalah di depan Istana Merdeka. Istana Merdeka, iya Istana Merdeka. Tempatnya Pak Beye tinggal dari hari Senin-Jumat selama 10 tahun.
(Postingan ini dibuat sebelum adanya Pilpres 2014. Bahkan cawapres Jokowi belum jelas siapa. My Prediction: Tebakan gw yang jadi cawapres adalah... Abraham Samad! Terus yang kepilih jadi presiden adalah..... hmmm.. Jokowi! Coba kita cek lagi, bulan Juli, benar gak nih.. Oia, kok jadi OOT.)
[Update per tanggal 21 Mei 2014. Ah yang jadi wapresnya Jokowi, JK ternyata.]

Yup, sejak 2008, Istana Merdeka terbuka untuk umum. Kita bisa berwisata ke rumah presiden ini di hari Sabtu dan Minggu, langsung daftar hari itu juga wisata dan tanpa biaya (eh ada deng bayar Rp 10.000,- buat cetak foto, tapi cuma itu doang kok). Disana kita bisa putar-putar di dalam dan halaman Istana Merdeka. Menarik kan? Tentang hal ini, bakal gw bikin postingan sendiri deh.

Menteri Lingk. Hidup, Menteri Kominfo (emmm.. Menteri Parekraf aja deh), Menteri Kesehatan, dan Menteri ESDM

3. Jadi model video klip di Museum Prasasti
Buat yang kelahiran 80'an pasti tahu lagi Base Jam yang "Bukan Pujangga". Itu lho, yang isi video klipnya banyak patung-patung bergaya eropa, kuburan-kuburan tua, dkk. Ternyataaa... Itu tempat syutingnya gak di Eropa lho! Tapi, di Jakarta! Tepatnya ada di Museum Prasasti dan ada di daerah Tanah Abang. So, bisa belanja sambil foto-foto deh
.
Patung Stress karena Si Penyanyi Bukan Pujangga
Patung stress tambah stress lihat orang stress di depannnya(btw itu siapa sih yg nyorat-nyoret punggungnya patung? vandal!)

Kalau yang ini, gaya stress ala-ala pegawai kantoran di Jakarta


Nah kalau model beneran kayak gini gayanya

4. Atlet dadakan tiap minggu pagi
Setiap minggu pagi, mendadak satu kota Jakarta medadak jadi atlet semua, dengan arena olahraga utama yaitu di jalan Thamrin-Sudirman. Yup, setiap hari minggu kita bisa asik lari, marathon, sepeda, atau bisa aja ngesot (kalau mau) di jalan Thamrin-Sudirman. Ga usah khawatir takut ditendang kopaja atau digilas motor. Kalau yang lari marathon, udah banyak banget perlombaannya, mulai dari lari 5K, 10K, 20K, 50K, 100K, sampai 120K (eh itu mah ke Bandung dunk).

Lengkap pake helm, ransel, sepatu olahraga, padahal naik sepedanya masih kalaj cepat ma mbak-mbak di belakang


Biar makin eksis, harus direkam tiap saat

5. Mengamati Pohon pas Tahun Baruan di Bundaran HI
Sebagai warga (imigran) Jakarta yang baik hati, tentunya gw ikutan merayakan tahun baru di Bundara HI. Seperti apa pemandangannya? Yup seperti foto di bawah hiks..
Gak keliatan apa-apa rek, kehalang pohon. Tapi gw rekomendasiin paling nggak, sekali aja, pernah kesini. Cukup sekali. Cukup.
3...2...1... Horee ganti tahun (sambil lihat daun) - miris

Orang-orang rebutan naik mobil yang lewat biar bisa lihat kembang api

6. Nempelin perut di Meriam Si Cagur
Konon, dahulu kala, orang-orang yang ingin cepat punya anak pada nempelin perutnya ke meriam ini, ke bagian tanggannya. Emang ini meriam ada dimana sih? Ada di lapangan Museum Fatahillah di Kota Tua. Dulu letaknya ada di halaman belakang Museum Fatahillah, tapi sudah dipindahkan ke Lapangan depan.
Meriam Si Cagur (pas masih di halaman belakang)
Kalau ke Jakarta, wajib hukumnya jalan-jalan ke Kota Tua. Kunjungi museum-museum disana mulai dari Museum Mandiri, Museum BI, Museum Wayang, dan Museum Fatahillah. Kalau mau lebih seru, bisa sekalian sewa sepeda dan guide buat nganterin dan ngejelasin tempat-tempat bersejarah di daerah situ. Ada Museum Bahari, Rumah Merah, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan banyaaak lagi.
Museum Fatahillah

Turis nyasar di pelabuhan

7. Main ma ikan di Seaworld
Yang ini agak mahal sih, tapi selain di Jakarta, sepertinya belum ada tempat seperti Sea World ini. Dimana, kita bisa melihat berbagai macam ikan domestik dan mancanegara jadi satu di dalamnya (hayah).
Begitu dekat, namun tak tersentuh #tsah

Tukang jaga ikan

8. Jungleland
Bosen ma Dufan, nah udah ada wahana baru di Sentul yaitu Jungleland. Emang masih baru sih tempatnya, cuma lebih sepi aja. Dan wahana-wahananya wihh gak kalah seru (and serem (sampe pusing)). 
Berputar-berputar seakan kau terbang.. Lalala lalala lalala lalalaaa


9. Foto kaki di depan laut
Kalau yang bosen dengan kehidupan metropolitan, bisa kabur ke Kepulauan Seribu. Selain dekat, harga juga masih terjangkau, dan masih banyak pantai yang bagus. Tapi kalau kesini, jangan buang sampah sembarangan ya. Ntar rusak ekosistem pantai dan lautnya.
Aih baru nyadar kaki gw masih mulus disini, belum ada bekas luka kegiles motor, hiks

Salah satu pose wajib: menangkap matahari

Sebenarnya ada beberapa hal lagi yang bisa dilakukan di Jakarta seperti naik bus City Tour Jakarta, wisata Mangroove di Angke, atau lihat binatang-binatang di Ragunan.
Namun, berhubung tidak ada foto (gw)nya, gw skip dulu deh hahaha.

You May Also Like

0 comments