Bandara Terbaik di Indonesia

by - May 10, 2014

Untuk urusan wisata, istilah "Don't judge a book by its cover" rasanya kurang sesuai jika dikaitkan dengan bandara. Karena, jika kita datang ke sebuah daerah dan bandaranya kurang oke, kesannya kok sepertinya daerah tersebut kurang friendly ya sama wisatawan.

Anyway, 2 tahun ini, gw berkesempatan mengunjungi beberapa daerah di Indonesia. Dan senangnya, datangnya itu pas banget beberapa saat setelah pengoperasian bandara atau terminal bandara baru di daerah tersebut.

Layaknya turis sejati, gw suka foto-foto seperti apa bandara barunya. Soalnya banyak yang bagus bikin takjub dan senang pas lihat. Karena artinya sepertinya Indonesia benar-benar siap menjadi tujuan wisata domestik dan mancanegara!

So, disini gw tampilkan gambar-gambar (koleksi pribadi) bandara-bandara yang gw anggap bagus (objektif banget hehe) yang sudah gw datangi. Maafkan ya jika gambarnya kurang bagus dan belum menggambarkan seacara sempurna seperti apa penampakan aslinya. Berikut listnya:

1. Bandara Kualanamu - Medan

Bandara Kualanamu
Turun dari pesawat
Menuju tempat check-in



Tempat check-in

Bandara Kualanamu ini letaknya kira-kira 39 km dari kota Medan. Dibuka pertama kali pada bulan Juli 2013. Gw kesini kira-kira sebulan setelahnya. Takjub karena besar banget dibanding bandara nusantara lainnya. Terus, masih kece dan ciamik dengan desain abu-abu ala bandara internasional di luar negeri.

Yang bikin keren lagi, bandara ini sudah terhubung dengan kereta api untuk ke kota Medan. Ddengan biaya 60/80rb per sekali jalan (Bandara Soetta kapan nih ada keretanyaaaa?). Dan keretanya, wuihhh jauh lebih bagus dari kereta Jawa rek.
Suasana stasiun kereta api di Medan
Kereta api Medan-Kualanamu


2. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II - Palembang

Ruang Tunggu
Ruang Tunggu
Bandara ini cukup ajaib dibanding bandara-bandara lainnya. Berbeda dengan bandara lain yang mengangkat tema minimalis atau abu-abu modern, tema dan desain interior dari Bandara ini membawa muatan lokal yang penuh dengan warna merah-oranye-kuning, selain itu banyak juga ornamen-ornamen berbau Sumsel. Sayangnya pas disini gw ga sempat foto banyak gara-gara ketinggalan pesawat dan sibuk nyari tiket baru. 

3. Bandara Juanda - Surabaya
Ruang Check-in

Cafe dkk

Terminal baru (terminal 2) Bandara Juanda ini resmi beroperasi per 14 Februari 2014. Bandara ini mengangkat desain minimalis abu-abu modern. Lengkap dengan cafe, toko-toko, tempat beribadah dan lainnya, membuat bandara ini enak buat nunggu-nunggu. Yah, pas banget, mengingat waktu gw kesini, ketinggalan pesawat dan harus geje selama 7,5 jam nunggu di bandara untuk naik penerbangan selanjutnya hahaha. Anyway, sebenarnya bandaranya lebih bagus dari foto gw, sayangnya kurang mumpuni gw buat ambil foto bagus. Hiks.

4. Bandara I Gusti Ngurah Rai - Bali
Menuju Tempat Keberangkatan

Terminal baru Bandara I Gusti Ngurah Rai pertama beroperasi per 19 September 2013. Pas kesini, pas 3 hari setelah peresmian dan masih ada bagian-bagian yang belum jad. Tapi baguuusss.. Banyak tanamannya, ada unsur-unsur lokalnya juga (gapura etc). Jadi pengen kesini lagi, pengen tahu sudah sebagus apa kalau versi jadinya.
Gapura pagar bandara


5. Bandara Internasional Lombok - Lombok
Tampak depan
Arena Kedatangan

Bandara Internasional Lombok ini menggantikan bandara utama yang ada di Kota Mataram. Diresmikan pertama kali pada tanggal 24 Oktober 2011. Pas gw kesini, pas 1 minggu setelah peresmian. Bandaranya masih penuhhhhh sama warga sekitar yang penasaran lihat bandara baru seperti apa. Sampai buka tikar dan bikin tenda segala!

Buka tikar

Tempat nongkrong baru di Lombok

Bandara ini tentu tidak sebesar bandara lain, tapi jika dibandingkan bandara Lombok sebelumnya, tentu saja jauh lebih bagus.

Sebenarnya masih ada 2 bandara lagi yang pernah gw kunjungi dan harusnya masuk list ini, yaitu Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar. Sayangnya ga sempat foto-foto disini, Jadi gak bisa gw masukin. Next time, kalau lain kali kesana, gw foto ah.

Satu bandara lagi yang, dengar-dengar salah satu yang terbesar di Indonesia yaitu Bandara Sepinggan. Tapi belum pernah kesana jadi gak gw masukin list. Pengen banget kesana dan moga-moga tahun ini kesampean, amin...

You May Also Like

2 comments

  1. wah belum ke bandara internasional sepinggan balikpapan nihhh

    ReplyDelete
  2. Iya nih dod, belum kesampean. MOga-moga kapan-kapan bisa kesana.

    ReplyDelete